Saturday, November 24, 2012

5 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak

5 Tips Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak

mengatasi kulit berminyak
mengatasi kulit berminyak

Kulit berminyak memang cenderung lebih bermasalah dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. masalah-masalah yang biasanya terjadi pada kulit berminyak yaitu kulit mudah kotor, terasa lengket, serta mudah timbuljerawat. Jerawat mudah timbul pada kulit yang berminyak karena kadar minyak yang berlebihan pada kulit dan kotoran yang mudah menempel pada kulit yang berminyak akan dapat menyumbat pori-pori wajah dan menjadi tempat bersarangnya bakteri. Pori-pori yang tersumbat, bakteri, dan kotoran inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Penyebab kulit berminyak antara lain faktor genetik, pola makan yang tidak sehat, pemakaian bahan kosmetik yang tidak cocok, ketidak seimbangan hormon. Pada hormon yang tidak seimbang ini akan menyebabkan produksi minyak berlebihan, biasanya ketidak seimbangan hormon terjadi saat orang menginjak masa pubertas dan saat menstruasi. Kulit berminyak memiliki ciri-ciri yaitu kulit basah karena terdapat minyak (bila disentuh ada bekas minyaknya) , kulit terlihat mengkilap, memiliki pori-pori yang terbuka, mudah timbul jerawat.
Memiliki jenis kulit berminyak harus membutuhkan perawatan yang ekstra agar tidak menyebabkan timbulnya masalah baru. Dan berikut adalah 5 tips ampuh mengatasi kulit berminyak :
1. Bersihkan wajah secara teratur dua kali sehari dengan menggunakan pembersih kusus kulit berminyak, jangan menggunakan pembersih yang mengandung sabun. Hal ini untuk menghentikan produksi minyak berlebih di area kulit yang berminyak.
2. Gunakan toner yang ringan setelah selesai membersihkan wajah dan dilanjutkan dengan pemakaian pelembab atau lotion yang bebas minyak.
3. Hindari mencuci wajah terlalu sering, karena akan merangsang kulit wajah memproduksi minyak lebih banyak.
4. Gunakan tabir surya yang bebas minyak setiap kali hendak beraktifitas di luar ruangan.
5. Batasi konsumsi makanan yang dapat memicu timbulnya keringat dan mengandung minyak, seperti gula yang berlebihan, gorengan, makanan pedas, makanan berkadar lemak tinggi, santan, dan lain sebagainnya. Perbanyaklah makanan buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh, termasuk kesehatan kulit.
Harap diperhatikan bahwa perawatan serta penanganan yang salah dapat membuat kulit berminyak akan menjadi tambah berminyak atau kering dan kusam.
Demikian, semoga bermanfaat.
sumber : http://gaulhost.com/solusi-mengatasi-kulit-berminyak/

No comments:

Post a Comment