Friday, November 16, 2012

Mengatasi Pasangan yang Masih Kekanak-kanakan

Kedewasaan seseorang tidak bisa dinilai dari usianya. Untuk beberapa orang yang mungkin usianya sudah terbilang dewasa, namun justru sifat dan kelakuannya masih seperti anak kecil, begitu pula sebaliknya. Hal itu pun bisa terjadi kepada pasangan Anda.
Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda jadikan patokan untuk menilai pasangan Anda, apakah dia memiliki sifat dan kelakuan seperti anak kecil atau tidak, dan tentu saja cara untuk mengatasi masalah tersebut.
Boros
Siapa sangka jika sifat boros ternyata juga termasuk dalam kriteria seseorang yang masih kekanak-kanakan. Sifat seperti ini sangat tidak baik jika dibiarkan terus-menerus. Kemungkinan terburuknya adalah nanti orang tersebut akan terlibat hutang. Anda tentu tidak mau hal itu terjadi pada pasangan Anda.
Tapi bukan berarti sifat boros tidak bisa dirubah. Anda hanya perlu untuk mengarahkan gaya hidupnya menjadi lebih sederhana. Awalnya memang tidak mudah, tapi jika dilakukan terus menerus pasti akan dapat berubah.
Jelaskan pada pasangan Anda bahwa ketidakmampuan untuk mengatur keuangan juga merupakan salah satu masalah utama yang dapat menghancurkan pernikahan. Adalah penting untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.
Tidak Bisa Ambil Keputusan
Banyak kita jumpai di lingkungan sekitar kita, baik itu teman, saudara, ataupun pasangan yang tidak bisa untuk mengambil sebuah keputusan. Hal ini tentu tidak baik, karena akan berujung pada sikap yang selalu lari dari masalah yang dihadapinya.
Jika hal itu terjadi pada pasangan Anda, maka tugas Anda adalah untuk senantiasa memberikan semangat untuk berani mengambil sebuah keputusan. Mulailah dari masalah-masalah kecil yang mungkin sedang terjadi dalam hubungan Anda.
Satu yang harus Anda perhatikan adalah jangan menghakimi pasangan Anda karena sifatnya yang tidak bisa mengambil keputusan. Karena bisa saja hal itu dipengaruhi oleh latar belakang kehidupannya di masa lalu.
Emosi Yang Tidak Terkontrol
Ketidakmampuan untuk mengontrol emosi termasuk salah satu ciri utama seseorang yang masih kekanak-kanakan. Apabila pasangan Anda termasuk di dalam kriteria tersebut, Anda bisa membantunya untuk belajar mengontrol emosinya tersebut.
Caranya cukup mudah, Anda bisa memulainya dengan mendiskusikan hal tersebut dengan pasangan, jelaskan secara perlahan apabila hal tersebut tidak baik, dan yakinkan dirinya jika Anda akan selalu ada untuk memperbaiki sifatnya setahap demi setahap.
Tidak Punya Tujuan Hidup
Memiliki tujuan dan rencana merupakan dua hal yang sangat penting dalam menjalin sebuah hubungan. Tanpa tujuan dan rencana, sebuah hubungan akan tidak akan berjalan harmonis, dan banyak bermunculan konflik-konflik yang tidak terduga kedepannya. Sebaliknya, hubungan akan menjadi lebih terarah jika memiliki rencana dan tujuan.
Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment