Friday, November 16, 2012

Cara Alami Merawat Rambut dengan Benar

Cara Alami Merawat Rambut dengan Benar

Setelah sebelumnya membahas tentang Tips Mencegah Rambut Rontok, Maka saatnya artikel kesehatan kali ini membahas tentang Tips Alami Merawat Rambut untuk Anda semua. Skip..

Rambut kita terdiri atas protein yang disebut keratin. Rambut yang disebut oleh orang sebagai mahkota sebenarnya merupakan sel-sel mati yang menancap pada folikel. Di samping folikel terdapat kelenjar sebacea yang berfungsi untuk membuat rambut tampak cerah dan berkilau. Kelenjar sebacea juga membuat rambut tampak berminyak. Kering atau berminyaknya rambut bergantung pada produksi sebum.

Dalam melakukan perawatan rambut, menggunakan bahan herbal lebih aman daripada menggunakan obat kimia yang punya efek samping. Ada berbagai bahan herbal yang bisa digunakan untuk merawat rambut, seperti lidah buaya, madu, daun zaitun dan lain-lain.

Berikut beberapa tanaman herbal yang bisa digunakan untuk perawatan rambut.

tips alami memanjangkan rambut, cara merawat rambut yang baik dan benar
1. Henna
Henna merupakan bahan tradisional yang banyak dugunakan untuk merawat rambut. Henna berguna untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, henna juga bisa digunakan sebagai pewarna rambut alami. Campuran henna dengan bahan herbal lain seperti gooseberry dan jus lemon sangat baik untuk mengatasi kerontokan rambut.

2. Santan kelapa
Santan kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Santan kelapa bisa membuat rambut menjadi embut dan sehat. Santan tersebut terlebih dahulu dihangatkan sebelum digunakan untuk perawatan rambut. Untuk merawar rambut dengan santan kelapa caranya adalah dengan memijat santan hangat ke rambut selama satu setengah jam.

3. Aloe vera (lidah buaya)
Sudah menjadi rahasia umum kalau lidah buaya baik untuk perawatan rambut. Gel yang terdapat pada lidah buaya sangat baik untuk rambut.

4. Daun mimba
Rambut rontok bisa terjadi karena adanya kerusakan folikel yang disebabkan karena infeksi. Infeksi ini bisa dihilangkan dengan menggunakan air rebusan daun mimba yang direbus kurang lebih selama 5 menit. Selain mengatasi rambut rontok, neem juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe.

5. Daun zaitun
Bahan herbal lainnya yang berguna sebagai perawatan rambut adalah daun zaitun. Daun zaitun bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Serbuk daun zaitun ditambah cuka bisa mengatasi kerontokan pada rambut.

6. Kuning telur dan madu
Campuran antara kuning telur dan madu juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Campuran ini berguna untuk pertumbuhan rambut. Merawat rambut dengan cara ini bisa menimbulkan bau amis pada rambut. Bau amis tersebut bisa dihilangkan dengan air jeruk nipis.

Jadi, perawatan rambut tak harus mahal. Ada banyak bahan herbal yang bisa digunakan untuk merawat rambut. Namun, merawat rambut bukan hanya sebatas perlakuan langsung pada rambut. Rambut juga perlu nutrisi. Makanan yang mengandung protein adalah nutrisi yang baik untuk rambut.

No comments:

Post a Comment