Sunday, November 25, 2012

Kandungan dan Khasiat Jeruk Nipis jeruk nipis

Kandungan dan Khasiat Jeruk Nipis
jeruk nipis

Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah sejenis tumbuhan yang menghasilkan buah. Jeruk nipis ini dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. sari buah dalam jeruk nipis digunakan sebagai bahan campuran obat tradisional, contohnya, obat batuk, menurunkan demam, menghilangkan ketombe pada rambut, penyedap masakan, bahan pembuat asam sitrat, penyegar minuman, pembersih karat dan lain-lain.

Buah jeruk nipis kaya akan unsur-unsur senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Jeruk nipis memiliki rasa asam, pahit dan dingin yang sangat berkhasiat bagi tubuh manusia dan ampuh dalam mengobati berbagai penyakit.
Kandungan jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung asam sitrat, vitamin C 27 mg, vitamin b1 0,04mg, kalsium 40 mg, kalori 37 gr, fosfor 22 mg, protein 0,8 gr, zat besi 0,6 mg, hidrat arang 12,4 gr, air 86 gr dan lemak 0,1 gr.
Khasiat jeruk nipis

Jeruk nipis berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti batuk, dahak, bau keringat, membantu proses pencernaan, sesak nafas, influenza, demam, malaria, menambah stamina, batu ginjal dan haid.

Bunga dan daun jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Selain itu, jeruk nipis membantu melangsingkan badan, membersihkan ketombe, menghilangkan lendir di tenggorokan dan peluruh kencing. Air rebusan daun jeruk nipis bisa manfaatkan untuk obat kumur pada penderita radang mulut dan tenggorokan. Untuk penyembuhan sakit perut bisa dicampur dengan buah pinang.

Untuk pengobatan dalam, siapkan 1-2 buah jeruk nipis, kemudian diperas. Air jeruk nipis yang telah diperas bisa langsung diminum atau dicampur dengan ramuan obat tradisional lainnya.

Untuk pengobatan luar, aduk rata air jeruk nipis dicampur dengan bahan lain, lalu balurkan atau dikompreskan ke bagian tubuh yang sakit. Misalnya, demam, sakit perut, sakit gigi, kepala pusing, ketombe, jerawat dan lain-lain.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat…!

No comments:

Post a Comment